Kunjungi Desa Numbing, Ramli Hamid Beri Ceramah Sambut Ramadan 1443 H

Kamis (23/3/2022), Kepala KUA Kecamatan Bintan Pesisir H. Ramli Hamid mengunjungi Desa Numbing untuk memenuhi undangan panitia kegiatan tabligh akbar menyambut bulan suci Ramadan tahun 1443 H. Iapun bertolak dari pelabuhan Pantai Indah Kijang pukul 13.20 WIB dan tiba di dermaga Desa Numbing 15.00 WIB dan disambut oleh panitia Untung Basuki yang juga merupakan Penyuluh Agama Islam.

Kegiatan tabligh akbar ini bertempat di Masjid Jami'atul Mukminin Gin Besar yang dihadiri oleh Kepala Desa Numbing, Ketua Masjid Jami'atul Mukminin, Ketua RT, Ketua RW setempat, pengurus dan anggota Majelis Taklim serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. Hadir juga penyuluh Agama Islam Non-PNS KUA Kecamatan Bintan Pesisr

Dalam sambutannya Kepala Desa Numbing Sebastian Losor Usman menyebutkan. kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Harapannya agar umat Islam dapat memasuki bulan puasa dengan persiapan yang lebih baik untuk mencapai maksud dan tujun melaksanakan ibadah puasa itu sendiri.

"Dalam menjalankan ibadah puasa nanti mari kita saling jaga ketenangan dan kekhusyukan (beribadah) dan saling menghormati,” tutur Sebastian.

Sementara itu, dalam tausiahnya Kepala KUA Bintan Pesisir Ramli Hamid memberikan tiga pesan kepada jemaah sebagai persiapan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Pertama, Perkuat iman dengan banyak beristighfar dan bertaubat kepada Allah Swt, karena ibadah puasa merupakan perintah khusus yang diberikan hanya kepada orang-orang yang beriman sebagaimana dijelaskan dalam ayat 183 dari surat Al-Baqarah.

“Karena kurangnya persiapan iman akhirnya masih banyak kita lihat di sekitar orang Islam yang tidak menjalankn ibadah puasa pada bulan Ramadan,” ucap Ramli.

Kedua, persiapan ilmu. Hal ini patut dilakukan karena mengingat ibadah puasa hanya dilakukan sekali dalam setahun. Ramli mengajak hadirin untuk membuka kembali kutab-kitab fikih yang menjelaskan seputar ibadah puasa. Sebagaimana ibadah-ibadah lainnya dalam Islam, puasa juga memiliki rukun dan syarat serta fadillah-fadillah atau keutamaan di dalamnya.

“Persiapan ilmu ini juga harus dilakukan agar ibadah puasa kita dapat dipastikan keabsahannya sehingga berbuah berkah dan pahala,” terangnya.

Ketiga, persiapan amal atau ibadah. Sebagaimana diketahui bahwa Allah Swt akan melipatgandakan pahala amal ibadah pada bulan Ramadan. Oleh karena itu, perlu dilatih dan dimaksimlkan untuk beramal meski belum datang bulan Ramadan.

“Rasulullah Saw juga telah menjadikan bulan Rajab dan bulan Sya'ban ini sebagai bulan latihan dengan memperbanyak ibadah puasa-puasa sunnah dan ibadah lainnya,” ujar Ramli.

Di akhir tausiahnya Ramli mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadan 1443 H dan mohon maaf baik atas nama pribadi dan keluarga dan juga atas nama jabatan sebagai Kepala KUA Kecamatan Bintan Pesisir jika terdapat salah dan khilaf selama bertugas melayani masyarakat. Kegiatan ditutup dengan doa dan menyantap hidangan yang telah disiapkan oleh panitia. (ramli/AP)



sumber : https://kepri.kemenag.go.id/page/det/kunjungi-desa-numbing-ramli-hamid-beri-ceramah-sambut-ramadan-1443-h

Bagikan

04 Comments

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Sit amet nibh vulputate cursus a sit amet mauris lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor, nisi elit consequat ipsum, nec sagittis sem nibh id elit. Duis sed odio http://themeforest.net Morbi accumsan ipsum velit. Nam nec tellus a odio tincidunt auctor a ornare odio. Sed non mauris vitae erat

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh..

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet..

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis, nisi elit consequat ipsum, nec sagittis sem nibh id elit. Duis sed odio sit amet nibh vulputate cursus a sit amet mauris http://themeforest.net Morbi accumsan ipsum velit. Nam nec tellus a odio tincidunt auctor a ornare odio. Sed non mauris vitae erat

Leave a Reply